TamuQu

free counters

Minggu, 30 Januari 2011

penggunaan media pembelajaran

PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

KEGUNAAN MEDIA
1. memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid
dengan sumber belajar.
4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan
visual, auditori & kinestetiknya.
5. memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman &
menimbulkan persepsi yang sama.


Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2. Pembelajaran dapat lebih menarik
3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori
belajar
4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun
diperlukan
7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses
pembelajaran dapat ditingkatkan
8. Peran guru berubahan kearah yang positif


JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
 Berdasarkan Bahan / Material
 Berdasarkan Alat
 Berdasarkan Setting / Tempat

FUNGSI MASING-MASING JENIS MEDIA
 Berdasarkan Bahan / Material : Mengkonkritkan informasi yang sifatnya masih verbal ( abstrak )
 Berdasarkan Alat : Memproyeksikan gambar agar lebih diingat karena tingkatannya lebih konkret
 Berdasarkan Setting Lingkungan / Suasana : Pembelajaran lebih dihayati dan dirasakan proses maupun peristiwanya

CIRI & KARAKTERISTIK MASING-MASING JENIS MEDIA
o BAHAN / MATERIAL
Positif
 Relatif lebih mudah tersedia
 Lebih terjangkau
 Mudah dibawa
 Mudah digunakan

Negatif
 Kurang efektif & tercapai
 Perlu waktu pembelajaran yang lebih lama
 Menuntut pengulangan pembelajaran


o ALAT
Positif
 Efektif dalam proses pembelajaran
 Dapat digunakan berulang-ulang
 Lebih efisien dalam memahamkan materi kepada siswa
Negatif
 Sulit tersedia
 Hanya untuk golongan tertentu
 Resiko sulit dibawa ( alat tertentu )
 Butuh skill untuk mengoperasikannya


o SETTING / TEMPAT
Positif
 Pembelajaran praktik lapangan
 Ketersampaian materi lebih banyak
 Materi lebih dihayati
 Dapat mengetahui proses & peristiwanya
Negatif
 Membutuhkan waktu yang sangat banyak
 Membutuhkan tenaga & konsentrasi yang lebih
 Pengeluaran uang yang banyak, jika berada ditempat yang jauh

PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA

1. DASAR-DASAR PERTIMBANGAN
 Kebutuhan
 Karakteristik siswa
 Kesesuaian dengan materi yang akan diberikan
 Tujuan yang akan dicapai
2. KRITERIA PEMILIHAN MEDIA

A. Oleh Dick and Carey :

 Ketersediaan media
 (buy or creative)
 Keluwesan media
 Efektivitas dan Efisiensi


B. Oleh Arif Sadiman :

ACTION, yaitu akronim dari; access, cost, technology, interactivity, organization, dan novelty.
1. Access.
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam memilih media. Apakah media yang kita perlukan itu tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan oleh murid?
2. Cost.
Biaya juga harus dipertimbangkan. Banyak jenis media yang dapat menjadi pilihan kita. Media canggih biasanya mahal. Namun, mahalnya biaya itu harus kita hitung dengan aspek menfaatnya.
3. Technology.
Mungkin saja kita tertarik kepada satu media tertentu. Tapi kita perlu perhatikan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya?
4. Interactivity.
Media yang baik adalah yang dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas.

5. Organization.
Pertimbangan yang juga penting adalah dukungan organisasi. Misalnya, apakah pimpinan sekolah atau yayasan mendukung? Bagaimana pengorganisasiannya
6.
Novelty.
Kebaruan dari media yang anda pilih juga harus menjadi pertimbangan. Media yang lebih baru biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa.

3. PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA

Oleh Anderson :

• Identifikasi informasi = pesan yang akan disampaikan apakah akan berfungsi sebagai sarana belajar atau mengajar
• Penentuan = informasi apa yang akan disampaikan ?
• Menentukan srategi instruksional = apakah ingin memberikan pengalaman belajar sikap, keterampilan fisik, atau kognitif

Oleh Prof. Dr. Azhar Arsyad :


 PEMILIHAN MEDIA BERDASARKAN SIFAT TUGAS PEMBELAJARAN

 PEMILIHAN MEDIA MENURUT ISI PELAJARAN
PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN?
Ada sejumlah pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Untuk lebih mudah mengingatnya, pertimbangan tersebut dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION, yaitu akronim dari; access, cost, technology, interactivity, organization, dan novelty.
- Access.
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam memilih media. Apakah media yang kita perlukan itu tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan oleh murid? Misalnya, kita ingin menggunakan media internet, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu apakah ada saluran untuk koneksi ke internet? Akses juga menyangkut aspek kebijakan, misalnya apakah murid diijinkan untuk menggunakannya? Komputer yang terhubung ke internet jangan hanya digunakan untuk kepala sekolah, tapi juga Fasilitator/Pengajar, dan yang lebih penting untuk murid. Murid harus memperoleh akses
- Cost.
Biaya juga harus dipertimbangkan. Banyak jenis media yang dapat menjadi pilihan kita. Media canggih biasanya mahal. Namun, mahalnya biaya itu harus kita hitung dengan aspek menfaatnya. Semakin banyak yang menggunakan, maka unit cost dari sebuah media akan semakin menurun.
- Technology.
Mungkin saja kita tertarik kepada satu media tertentu. Tapi kita perlu perhatikan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya? Katakanlah kita ingin menggunakan media audio visual di kelas. Perlu kita pertimbangkan, apakah ada listrik, voltase listrik cukup dan sesuai?
- Interactivity.
Media yang baik adalah yang dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas. Setiap kegiatan pembelajaran yang anda kembangkan tentu saja memerlukan media yang sesuai dengan tujuan pembelajarantersebut.

- Organization.
Pertimbangan yang juga penting adalah dukungan organisasi. Misalnya, apakah pimpinan sekolah atau yayasan mendukung? Bagaimana pengorganisasiannya. Apakah di sekolah ini tersedia satu unit yang disebut pusat sumber belajar?
- Novelty.
Kebaruan dari media yang anda pilih juga harus menjadi pertimbangan. Media yang lebih baru biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa.
DAFTARPUSTAKA
De Porter, Bobbi & Mike Hernacki, Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, KAIFA Bandung, 1999.
Sadiman Arief, Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan, Rajawali , Jakarta, 1990.
Wen, Sayling, Future of The Media, Memahami Zaman Teknologi Informasi, Lucky Publisher, Batam Centre, 2003.
Sumber : Pustekom 2006, Infomedia 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar